NEWS | MARKETING

3 Cara Melakukan Survey Pasar dan Manfaatnya

Posted on 15 January, 2020 | 0 Komentar | Dilihat 1164 Kali | 0 Share
3 Cara Melakukan Survey Pasar dan Manfaatnya

Riset pasar adalah cara mengumpulkan dan menganilis data yang didaptkan dari hasil kegiatan survey pasar. Tujuan dari riset pasar adalah untuk membangun strategi bisnis yang efektif. Riset pasar adalah kewajiban dari pengusaha yang mau menjalankan bisnis. Bagaimana cara melakukan riset pasar? Ada berbagai macam cara untuk melakukan riset pasar.

1. Melakukan Survey Pasar

Sebelum anda menjual produk di pasaran, seharusnya anda harus mengetahui kondisi pasar dari target pasar anda. Dengan cara anda melakukan wawancara kepada klien anda sebelumnya atau kepada orang yang baru. Semakin banyak orang yang dapat anda survey maka data yang anda peroleh akan semakin banyak.

2. Mengamati Perkembangan Pasar

Mengamati artinya anda harus melihat produk - produk yang berkembang di masyarakat. Produk - produk yang sedang tren dalam masyarakat dan yang kompetitor jual. Tujuan itu untuk mempertimbangkan keputusan akhir sebelum produk anda disebarkan ke masyarakat. 

Manfaatnya supaya mengantisipasi atau mencegah kerugian terhadap bisnis anda.

3. Uji Coba Pasar

Setelah anda tau perkembangan pasar, anda bisa memberikan sampel kepada konsumen langsung. Tujuannya untuk mengetahui tanggapan masyarakat tentang produk anda guna mendapatkan feedback untuk menyempurnakan produk anda. Mungkin sedikit inovasi akan membantu produk anda bertahan terhadap kompetitor.

Setelah itu anda jalani, baru anda bisa merilis produk secara resmi.

3 Cara melakukan riset pasar sudah kami jabarkan, dan saatnya mengetahui apa saja manfaat dari hasil riset pasar. Berikut akan kami jelaskan.

 

a. Dapat mengetahui kebutuhan pasar dan kemauan konsumen

b. Mengevaluasi produk yang sudah anda rilis

c. Menambah peluang

d. Mencegah produk gagal dan resiko

e. Mengamati kompetitor, lalu mampu bersaing

Lakukan riset pasar yang lebih mendalam dengan mngikuti seminar pebisnis yang pengalaman atau mencari informasi yang relevan dengan target pasar anda. 

Apakah anda sudah menerapkan cara - cara diatas untuk bisnis anda? Ikuti dan praktekan untuk mendapatkan hasil yang anda harapkan.

Buat Website anda sekarang juga!

Tentang Kami